ASPEK DESAIN PRODUK
Pengertian
Kata desain sering
di artikan sebagai sebuah rancangan, rencana atau gagasan. Pengertian desain
bisa dilihat dari berbagai sudut pandang dan konteksnya. Desain juga
dapat diartikan sebagai suatu kreasi untuk memenuhi kebutuhan dengan cara
tertentu. Desain juga dapat merupakan pemecahan suatu masalah dengan target
yang jelas. Berdasarkan hal tersebut, maka desain adalah suatu hasil apresiasi
dan kreasi yang berasal dari gagasan atau ide manusia dalam upaya memberdayakan
diri melalui hasil ciptaannya untuk menjalani kehidupan yang lebih baik dan
sejahtera. Dalam kaitannya dengan sebuah produk, pengertian desain
produk adalah proses kreasi sebuah produk yang
menggabungkan unsur fungsi dan estetika sehingga bermanfaat dan memiliki nilai
tambah bagi masyarakat.
Desain produk
adalah konseptualisasi ide tentang produk dan transformasi ide menjadi kenyataan.
Untuk mengubah ide menjadi kenyataan, sebuah spesifikasi tentang produk
disiapkan. Spesifikasi ini disiapkan dengan mempertimbangkan berbagai kendala
seperti proses produksi, harapan konsumen, dan sebagainya. Dalam tahap desain
produk sampai keputusan akhir mengenai produk, setiap aspek produk dianalisis.
Keputusan ini dapat berupa aspek apa pun yang terkait dengan produk, misalnya
dimensi dan toleransi, jenis bahan untuk setiap komponen, dan sebagainya.
Urgensi
Desain Produk Bagi Perusahaan
Desain produk
merupakan salah satu faktor paling penting dan sensitif bagi suatu perusahaan.
Keberhasilan atau kegagalan produk menentukan bisnis, pangsa pasar, dan
reputasi perusahaan. Jadi selama tahap desain produk, berbagai faktor yang
terkait dengan produk perlu ditangani.
Desain produk juga
merupakan proses pembentukan dan pengembangan ide yang efisien dan efektif
dalam rangka menciptakan produk baru. Desain produk mencakup semua pekerjaan
desain teknik dan industri yang digunakan untuk mengembangkan produk, mulai
dari konsep awal hingga produksi, dan akhirnya mengubahnya menjadi penemuan
nyata sebuah produk.
Produk desainer
berperan menggabungkan seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi untuk menciptakan
produk-produk baru yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Desain
produk yang baik biasanya didasarkan pada riset pasar.
Dasar pemikiran
sebuah produk dibuat adalah bertujuan untuk memberikan solusi dan manfaat bagi
kebutuhan manusia. Inovasi dan pengembangan produk dalam desain produk akan
menghasilkan sesuatu yang baru dan menjadi keunggulan kompetitif bagi
perusahaan. Sehingga membuat perusahaan menjadi pelopor dan bisa memenangkan
persaingan di pasar.
Pengertian
Desain Produk Menurut Para Ahli
Beberapa ahli di
bidangnya telah mendefiniskan tentang definisi desain produk, antara lain :
1. Yus
R Hadjadinata (1995) menyatakan bahwa desain produk berkaitan dengan
bentuk dan fungsi. Disain tentang bentuk berkaitan dengan perencanaan dan
penampilan dari produk. Sedangkan desain tentang fungsi berkaitan dengan
bagaimana produk dapat digunakan.
2. Suyadi
Prawirosentono (1996), desain produk adalah rancang bangun dari suatu
produk yang akan diproduksi.
3. Bagas
Prastyowibowo (1999), desain produk adalah salah satu unsur untuk memajukan industri
agar produk hasil industri tersebut dapat diterima oleh masyarakat, karena
produk tersebut memilikii kualitas baik, harga terjangkau, desain menarik,
mendapatkan jaminan dan lain sebagainya.
4. Franklin
G Moore dan Thomas E Hendrick (1999), desain produk merupakan hal yang sangat
penting, karena produk baru dapat menaikan dua kali atau tiga kali omset suatu
organisasi pada suatu waktu.
5. Imam
Djati Widodo (2005), desain produk adalah suatu pendekatan sistematis untuk
mengintegrasikan perencanaan produk dan proses yang berpengaruh, termasuk
manufaktur dan pendukungnya.
6. Brutou
& Margaret,(2006) desain produk adalah pengembangan produk (barang)
yang dirancang untuk memenuhi kepuasan konsumen.
7. Kotler
dan Armstrong (2008), desain produk adalah konsep yang lebih besar dari
sekedar gaya. Gaya bisa menarik perhatian atau membosankan dan juga gaya hanya
mendeskripsikan penampilan produk. Gaya yang sensasional selain bisa menarik
perhatian juga bisa menghasilkan estetika yang indah, tetapi gaya tersebut
belum tentu bisa membuat kinerja produk menjadi lebih baik. Sedangkan desain
produk bukan hanya sekedar penampilan luar, desain produk adalah jantungnya
sebuah produk.
8. Kotler
dan Keller (2009) berpendapat bahwa desain produk adalah totalitas fitur
yang mempengaruhi penampilan, rasa, dan fungsi produk berdasarkan kebutuhan
pelanggan.
Konsep
Desain Produk
Setiap perusahaan
yang menghasilkan produk hampir selalu dihadapkan dengan persaingan dari perusahaan
lain. Agar dapat bersaing secara jangka panjang maka kualitas produk merupakan
konsep penting yang harus dipahami manajemen perusahaan dalam menjalankan
aktifitasnya. Keputusan dalam membuat desain produk berarti juga
keputusan dalam menentukan kualitas produk seperti apa yang akan dihasilkan
oleh perusahaan.
Konsep desain
produk secara singkat adalah sebagai berikut :
1. Penelitian
dan pengembangan (Research & Development) : Penelitian adalah dasar
untuk pencarian pengetahuan baru. Meskipun tidak berpengaruh secara langsung,
tetapi berdasarkan penelitian, produk baru dapat dikembangkan di masa depan.
Penelitian dapat diterapkan untuk mengembangkan produk secara komersial.
2. Rekayasa
terbalik : adalah proses pembongkaran suatu produk, memahami desainnya dan
mengembangkan suatu produk yang lebih baik daripada yang sudah ada.
3. Penggunaan
sistem perangkat lunak untuk mengembangkan model terkomputerisasi dari
produk baru dan menganalisis parameter desainnya.\
4. Perlu
pendekatan secara sistematik untuk mengintegrasikan semua proses desain produk
dan proses-proses pendukungnya. Desainer harus memperhatikan dan
mempertimbangkan semua aspek siklus hidup produk, termasuk di dalamnya aspek
kualitas, biaya, jadwal dan kebutuhan konsumen. Untuk itu perlu adanya
pengembangan konsep pasar, desain produk, pengembangan proses pembuatan,
pemilihan dan pengaturan bahan untuk desain baru yang dilakukan oleh tim
berbeda pada saat yang sama. Sehingga menghemat banyak waktu untuk
mengembangkan produk baru. Dalam praktiknya, berbagai konsep digabungkan dan
diterapkan bersama untuk merancang produk baru.
Jenis-Jenis
Desain Produk
Jenis jenis desain
produk ada dua, yaitu :
1. Membuat
desain produk yang benar-benar baru dengan rancangan dan prototype baru yang
belum pernah ada sebelumnya. Berdasarkan penelitian dilakukan inovasi untuk
menghasilkan desain produk baru yang kreatif.
2. Memodifikasi
atau mengembangkan desain produk yang sudah ada.
Desain baru
berfungsi untuk menyelesaikan masalah terhadap desain yang ada. Ini terjadi
baik melalui produk baru atau variasi dari produk yang sudah ada.
Tujuan
Desain Produk
Desain produk yang
baik bertujuan untuk membuat pengguna merasa nyaman, aman dan mendapatkan
manfaat saat menggunakan produk tersebut. Jadi berkaitan dengan aspek bagaimana
pengguna akan berinteraksi dengan produk tersebut, apakah merasa nyaman, aman,
mudah digunakan, memberikan solusi dan manfaat atas masalah pengguna, sehingga
bisa memberi dampak positif secara emosional.
Secara umum tujuan
desain produk adalah :
a. Menghasilkan
produk berkualitas yang mempunyai nilai jual yang tinggi.
b. Untuk
menghasilkan produk yang tren pada masanya sesuai kebutuhan konsumen.
c. Membuat
produk seekonomis mungkin tanpa mengurangi nilai jual, kualitas dan manfaat
produk tersebut.
d. Meningkatkan
pangsa pasar dan menargetkan segmen pasar baru.
Fungsi
Desain Produk
Berikut fungsi
desain produk secara umum :
a. Sebagai
identitas produk
b. Menjadi
pelindung produk
c. Menambah
nilai jual produk
Manfaat
Desain Produk
Konsumen
seringkali bersedia membayar lebih mahal untuk produk/jasa yang terlihat lebih
baik dan menawarkan kegunaan yang lebih besar, fungsionalitas yang lebih baik,
dan keberlanjutan. Banyak konsumen membuat keputusan pembelian berdasarkan pada
desain produk, karena desain produk yang baik mengindikasikan kualitas,
penampilan, kinerja, kemudahan penggunaan, dan keandalannya. Desain produk
memungkinkan diferensiasi produk dan mengomunikasikan fungsi produk dengan
jelas kepada konsumen.
Desain produk dan
jasa merupakan faktor penentu kesuksesan suatu produk/jasa . Menciptakan desain
produk/jasa yang baik dapat membawa banyak manfaat dalam bisnis. Manfaat desain
produk antara lain bisa meningkatkan kinerja, efisiensi, dan nilai produk/jasa,
serta dapat mengurangi biaya dan risiko bagi bisnis Anda.
Dengan desain
produk dan jasa yang kreatif dan inovatif.akan membuatnya lebih menarik dan
unik bagi konsumen dan meningkatkan jangkauan produk/jasa Anda di pasar,
sehingga dapat meningkatkan penjualan dan mempercepat pengembalian investasi
Anda. Desain produk dan jasa yang cermat juga dapat membantu Anda mengurangi
biaya produksi, mengoptimalkan penggunaan bahan, dan meminimalkan
pemborosan.
Dalam merancang
produk yang berupa jasa merupakan tantangan tersendiri karena jasa umumnya
mempunyai karakteristik unik. Desain produk yang berupa jasa merupakan cara
perusahaan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, dengan cara
meminimalkan tingkat komplain untuk diantisipasi oleh perusahaan secara
maksimal.
Desain
Produk Kemasan
Dalam persaingan
bisnis yang semakin ketat, perusahaan tidak bisa lagi bersaing dengan hanya
mengandalkan kualitas produk. Tetapi perusahaan harus bisa membuat
identitas produknya mempunyai ciri khas yang pada akhirnya bisa dikenal luas
dan menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut.
Sebagus apapun
kualitas dan desain produk jika tanpa didukung dengan desain kemasan yang
baik maka akan sia-sia. Karena desain kemasan produk yang menarik, unik
dan berkualitas dapat mempengaruhi konsumen untuk memberikan respon positif
yang akhirnya membeli produk yang dipasarkan. Daya tarik suatu produk tidak
bisa terlepas dari kemasannya, karena kemasan langsung berhadapan dengan
konsumen. Bahkan kemasan bisa menjadi identitas suatu bisnis. Desain kemasan
produk yang menarik, unik dan berkualitas akan menjadi pembeda dari
kompetitornya.
Melalui desain
kemasan produk, maka perusahaan dapat menyampaikan informasi terkait merek,
logo, kualitas, dan lain-lain. Hal ini juga yang akan menarik perhatian
konsumen untuk jatuh cinta pada suatu produk.
Desain produk
kemasan adalah suatu rancangan atas kemasan pada suatu produk sebagai upaya
untuk mendukung pemasaran. Selain berfungsi untuk membungkus, desain kemasan
produk mempunya fungsi lain terkait pemasaran, yaitu memberi proteksi, sarana
komunikasi visual (kesan elegan, ekslusif, dan berkualitas), simbol estetika
dilihat dari elemen desain (warna, tipografi, dan komposisi), penegasan
identitas, aspek ergonomi (terkait kenyamanan dan kemudahan dalam pemakaian),
penyampaian informasi dan sebagai wadah pendistribusian.
Komentar
Posting Komentar