PENJELASAN MARKETING
A. Pengertian
Marketing
Pemasaran
atau marketing adalah suatu rangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan
kepuasan konsumen. Caranya dengan membuat produk, menentukan harganya, tempat
penjualannya dan mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen.
Marketing yaitu perpaduan antara aktivitas-aktivitas
yang saling berhubungan untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh
konsumen sehingga perusahaan dapat mengembangkan produk, harga, pelayanan dan
melakukan promosi supaya kebutuhan konsumen dapat terpenuhi serta perusahaan
mendapatkan keuntungan. Itulah beberapa penjelasan mengenai marketing pilih
yang mana saja karena semua intinya sama.
Marketing
memang sangat erat kaitannya dengan aktivitas kehidupan kita sehari-hari sebab
objeknya ialah Konsumen. Biasanaya kita sebagai konsumen sering dihadapkan pada
beberapa pilihan seperti memilih merek dari produk tertentu yang hendak kita
beli, dimana kita akan membelinya dan menentukan waktu maupun kualitas saat
melakukan pembelian. Jadi kita sebagai konsumen dapat dijadikan informasi yang
dibutuhkan oleh para Marketer dalam melakukan kegiatan marketing.
Dengan adanya
marketing para konsumen tidak perlu memenuhi kebutuhannya secara
sendiri-sendiri. Karena dengan melakukan pertukaran dengan para pelaku
marketing, konsumen dapat memenuhi kebutuhan maupun kepuasannya dengan
mendapatkan produk ataupun jasa.
Bagi
perusahaan, marketing memang merupakan kegiatan yang memiliki peranan yang
sangat penting dalam menentukan maju-mundurnya perusahaan, karena marketing
memiliki fungsi untuk menghasilkan pemasukan. Semakin besar pemasukan maka
perusahaan akan semakin maju dan berkembang, sedangkan jika pemasukan kurang
atau kecil maka perusahaan akan mengalami kemunduran.
B. Fungsi
Marketing
Beberapa fungsi marketing pada perusahaan, diantaranya
sebagai berikut ini:
a. Fungsi pertukaran
Dengan marketing, konsumen dapat membeli produk
yang berasal dari produsen baik itu dengan menukar uang dengan produk maupun
melakukan pertukaran produk dengan produk untuk digunakan sendiri ataupun untuk
dijual kembali.
b. Fungsi distribusi fisik
Distribusi fisik pada produk dilakukan dengan cara
mengangkut dan menyimpan produk. Produk yang berasal dari produsen akan
memenuhi kebutuhan para konsumen dan disalurkan melalui darat, air atau udara.
Lalu penyimpanan produk dilakukan dengan cara mengendapkan dan menjaga pasokan
produk supaya tidak terjadi kekurangan pada saat diperlukan.
c. Fungsi perantara
Untuk dapat menyampaikan produk dari produsen
kepada konsumen dilakukan lewat perantara pemasaran atau marketing yang
menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi
perantara antara lainnya seperti pembiayaan, pencarian informasi, pengelompokan
produk, dsb.
Adapun beberapa fungsi lain
dari divisi marketing pada perusahaan, yang biasanya sebagai berikut ini:
a. Marketing berperan sebagai sales
Tugas utama marketing bisanya yaitu menghasilkan
pemasukan bagi perusahaan dengan cara melakukan penjualan terhadap produk yang
dihasilkan oleh perusahaan.
b. Marketing berperan
sebagai promosi
Maksudnya marketing berfungsi untuk memperkenalkan
perusahaan dan produk yang dihasilkannya kepada masyarakat luas, sehingga
perusahaan dan produknya dapat dikenal.
c. Marketing sebagai riset
dan pengembangan
Maksudnya marketing juga berfungsi sebagai penyerap
berbagai macam informasi dan menyampaikannya pada perusahaan yang berkaitan
tentang apa saja yang bermanfaat untuk mendukung dalam peningkatan kualitas
maupun penjualan produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
d. Maktering berperan sebagai perwujudan konsep
marketing communication
Maksudnya marketing dapat berperan untuk membuat
hubungan yang baik antara perusahaan dan masyarakat atau perusahaan dan
lingkungan sekitarnya.
C. Tujuan
Marketing
Menurut pengertiannya,
marketing atau pemasaran adalah teknik atau cara dalam menyusun komunikasi agar
dapat menyampaikan informasi terhadap masyarakat dalam memenuhi kebutuhan
manusia akan barang dan jasa. Teknik tersebut termasuk menghasilkan produk
sesuai kebutuhan konsumen, menetapkan harga pasar, mempromosikan baik itu
secara visual maupun oral, dan mendistribusikan ke tempat-tempat konsumen.
Namun, bagaimana caranya agar produk yang disalurkan dapat disukai, menjadi
kebutuhan, dan dibeli konsumen secara berkala?
Di sinilah fungsi dan
tujuan dari strategi marketing, yaitu menciptakan nilai jual yang
lebih tinggi terhadap barang atau jasa yang kita hasilkan dengan menjadikan
riset pasar dan produk pesaing sebagai tolak ukur. Sebagaimana tujuan dari
pemasaran sebagai proses komunikasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen, maka
setiap pelaku bisnis seharusnya menyadari tentang pentingnya memberi informasi
atau promosi terhadap barang atau jasa yang dihasilkan.
Tujuan pemasaran atau promosi bagi bisnis adalah:
– Sebagai proses penyebaran informasi terhadap
target pasar
– Untuk meningkatkan penjualan sehingga otomatis
keuntungan meningkat.
– Dengan promosi dapat menambah pelanggan baru dan
menjaga hubungan baik terhadap konsumen
– Kestabilan penjualan produk tetap terjaga meskipun
situasi pasar kurang mendukung
– Promosi yang dilakukan secara berkala akan
membuat produk yang kita hasilkan menjadi beda dari produk lain dan tetap
unggul dibanding pesaingnya
– Citra produk yang kita hasilkan tetap terasa di
mata konsumen
– Promosi yang kita lakukan dapat mempelajari
keinginan konsumen lebih spesifik sebagai bahan pertimbangan untuk produk ke
depannya.
Promosi sebagai bagian
dari strategi marketing dapat menambah daya tarik konsumen
untuk mengkonsumsi produk yang kita hasilkan dan secara otomatis angka
penjualan akan meningkat. Prinsip dari pemasaran yaitu menghasilkan nilai
terhadap pelanggan, unggul dalam bersaing, dan fokus terhadap pemasaran.
Pemasaran bukan berarti mendapat pelanggan saja, namun bagaimana memperbaiki
dan menjaga kondisi kompetetif agar tetap baik.
Seorang pelaku bisnis harus
mampu menciptakan produk yang lebih bermutu dengan harga yang lebih terjangkau
dan layanan yang lebih baik dan cepat dibanding pesaing. Pelayanan dan kepuasan
konsumen terhadap produk yang kita pasarkan menambah nilai plus bagi bisnis
kita, khusunya segi perkembangan. Pelaku bisnis yang mengetahui cara terbaik
untuk mempertahankan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan merupakan calon
wirausaha yang sukses. Kunci akhir dari semua upaya ini adalah strategi
marketing yang diterapkan.
D. Konsep
Marketing
a. Dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan
Sangat penting sekali untuk membedakan mana itu
kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan manusia merupakan suatu
ketidakadaan beberapa kepuasan yang paling mendasar, seperti manusia sangat
membutuhkan sandang, pangan dan papan ada juga kebutuhan lainnya misalnya
seperti kemanan, hak milik dsb. Kebutuhan tidak dapat diciptakan oleh
masyarakat maupun pemasar, akan tetapi mereka merupakan hakikat biologis dan
kondisi atau keadan manusia itu sendiri. Selain itu manusia juga selalu
menginginkan berbagai macam hal supaya merasa puas misalnya seperti nginginkan
rekreasi atau berwisata, pendidikan dan berbagai macam jasa.
b. Produk
Produk merupakan penawaran yang dapat dibegi
kedalam 3 kategori, yang diantaranya barang, jasa, dan gagasan. Semua produk
yang dihasilkan oleh produsen merupakan sesuatu yang ditawarkan kepada konsumen
untuk dapat memenuhi kebutuhannya.
c. Nilai, biaya dan kepuasan
Dalam hal ini tergantung dari pemikiran setiap
konsumen terhadap produk yang digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya
seorang pelajar untuk memuaskan dan memenuhi kebutuhannya saat berangkat ke
sekolah dia memilih menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Jika
pelajar tersebut memakai kendaraan umum seperti bus kekurangannya mungkin
sedikit lambat tapi lebih aman, sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi
seperti motor akan lebih cepat tapi kurang aman. Pada masing-masing produk
tadi jika diamati akan memiliki kepuasan yang berbeda dalam memenuhi kebutuhan
tergantung dari pemikiran setiap konsumen.
d. Pertukaran dan transaksi
Jika persyaratan telah disetujui oleh kedua belah
pihak maka pertukaran akan terjadi. Pertukaran seharusnya dilihat sebagai suatu
proses. Kedua belah pihak akan terlibat dalam pertukaran jika menuju kepada
kesepakatan. Jika sudah tercapai kesepakatan, maka transaksi akan terjadi.
e. Hubungan dan jaringan
Pemasaran hubungan merupakan transaksi untuk
memuaskan pihak-pihak kunci misalnya seperti pelanggan, pemasok dan penyalur
yang dimana tujuannya untuk mempertahankan bisnis jangka panjang. Sedangkan
hasil dari pemasaran hubungan yaitu untuk mengembangkan berbagai macam aset
unik yang dimiliki oleh perusahaan yang biasanya disebut dengan jaringan
pemasaran. Jaringan pemasaran umumnya terdiri dari perusahaan lagi dan
pihak-pihak yang memiliki berbagai macam kepentingan seperti misalnya konsumen,
para pekerja, pemasok, penyalur dsb.
f. Pasar
Pasar terdiri dari pembeli atau konsumen yang
memiliki kebutuhan tertentu yang mungkin kebutuhannya tersedia dan mampu
melaksanakan pertukaran nilai, sehingga dapat terjadi transaksi untuk memuaskan
kebutuhannya. Ukuran pasar tergantung dari jumlah konsumen yang ingin memuaskan
kebutuhannya dan memiliki sumber daya untuk ditukarkan dengan apa yang mereka
butuhkan.
g. Pemasar dan calon pembeli
Apa itu pemasar? pemasar yaitu orang yang mencari
calon pembeli yang nantinya akan terlibat dalam pertukaran nilai, sehingga
calon pembeli dapat terpenuhi kebutuhannya. Lalu apa itu calon pembeli? Calon
pembeli yaitu orang yang akan diidentifikasi oleh pemasar dan nantinya mungkin
dapat terlibat dalam pertukaran nilai sehingga terjadi transaksi.
Sumber :
http://www.pengertianku.net/2015/10/pengertian-marketing-dan-fungsinya-beserta-konsepnya.html
http://www.kontakperkasa-f.com/tujuan-pemasaran-dalam-bisnis/
Komentar
Posting Komentar